Poros | Makalah | Elemen Mesin I

POROS 1.1      Definisi Poros adalah suatu bagian stasioner yang beputar, biasanya berpenampang bulat dimana terpasang elemen-el...



POROS

1.1     Definisi

Poros adalah suatu bagian stasioner yang beputar, biasanya berpenampang bulat dimana terpasang elemen-elemen seperti roda gigi (gear), pulley, flywheel, engkol, sprocket dan elemen pemindah lainnya. Poros bisa menerima beban lenturan, beban tarikan, beban tekan atau beban puntiran yang bekerja sendiri-sendiri atau berupa gabungan satu dengan lainnya. (Josep Edward Shigley, 1983)
Poros dalam sebuah mesin berfungsi untuk meneruskan tenaga melalui putaran mesin. Setiap elemen mesin yang berputar, seperti cakra tali, puli sabuk mesin, piringan kabel, tromol kabel, roda jalan, dan roda gigi, dipasang berputar terhadap poros dukung yang tetap atau dipasang tetap pada poros dukung yang berputar.
Contoh sebuah poros dukung yang berputar, yaitu poros roda kereta api, As gardan, dan lain-lain.

Gambar 1.1 Konstruksi Poros pada Kereta Api

Untuk merencanakan sebuah poros, perlu diperhitungkan gaya yang bekerja pada poros di atas  antara lain: gaya dalam akibat beratnya (W) yang selalu berpusat pada titik gravitasinya. Gaya (F) merupakan gaya luar arahnya dapat sejajar dengan permukaan benda ataupun membentuk sudut α dengan permukanan benda. Gaya F dapat menimbulkan tegangan pada poros, karena tegangan dapat rimbul pada benda yang mengalami gayagaya. Gaya yang timbul pada benda dapat berasal dari gaya dalam akibat berat benda sendiri atau gaya luar yang mengenai benda tersebut. Baik gaya dalam maupun gaya luar akan menimbulkan berbagai macam tegangan pada kontruksi tersebut.





1.2     Macam-macam poros

1.2.1        Berdasarkan Jenis Pembebanannya
a.      Gandar
Gandar merupakan poros yang tidak mendapatkan beban puntir, fungsinya hanya sebagai penahan beban, biasanya tidak berputar. Contohnya seperti yang dipasang pada roda-roda kereta barang, atau pada as truk bagian depan.

b.      Spindle
Poros transmisi yang relatif pendek, seperti poros utama mesin perkakas, di mana beban utamanya berupa puntiran, disebut spindle. Syarat yang harus dipenuhi poros ini adalah deformasinya harus kecil dan bentuk serta ukurannya harus teliti.



Gambar 1.2.1 Kontruksi poros kereta api
c.       Poros Transmisi
Poros transmisi berfungsi untuk memindahkan tenaga mekanik salah satu elemen mesin ke elemen mesin yang lain. Poros transmisi mendapat beban puntir murni atau puntir dan lentur yang akan meneruskan daya ke poros melalui kopling, roda gigi, puli sabuk atau sproket rantau, dan lain-lain.



Gambar 1.2.1 Kontruksi poros transmisi



1.2.2        Berdasarkan Bentuknya

1.2.2.1  Poros Lurus


Gambar 1.2.2.1 Poros Lurus

1.2.2.2  Poros Engkol
Poros engkol merupakan bagian dari mesin yang dipakai untuk merubah gerakan naik turun dari torak menjadi gerakan berputar. Poros engkol yang kecil sampai yang sedang biasanya dibuat dari satu bahan yang ditempa kemudian dibubut, sedangkan yang besar-besar dibuat dari beberapa bagian yang disambung-sambung dengan cara pengingsutan.

Didalam praktek dikenal 2 macam poros engkol yaitu :
a.      Poros Engkol Tunggal
Poros ini terdiri dari sebuah poros engkol dan sebuah pen engkol. Kedua-duanya diikat menjadi satu oleh pipi engkol yang pemasangannya  menggunakan cara pengingsutan. Pipi engkol biasanya dibuat daripada baja tuang, sedangkan pen engkolnya dari pada baja St.50 atau St.60. jarak antara sumbu pen engkol dengan sumbu poros engkol adalah setengah langkah torak.

Gambar 1.2.2.2.a Poros Engkol Tunggal




b.      Poros Engkol Ganda
Poros engkol ini mempunyai 2 buah pipi engkol terdiri dari satu bahan sedang pemasangan poros engkolnya  adalah dengan sambungan ingsutan. Poros-poros  engkol ini bahan dibuat dari besi tuang khusus. Disamping harga pembuatannya  lebih ringan, besi tuang itu mempunyai sifat dapat menahan getaran-getaran.

Gambar 1.2.2.2.b  Poros Engkol Ganda


 NB : untuk yang lebih lengkapnya silahkan di download di bawah ini file berekstensi PDF


 via Docstoc

via Ziddu

 

via 4shared






COMMENTS

Name

adsense,2,AKHLAK MULIA,1,Application,1,Assembly To Order,1,Batch Production,1,Beam,2,Blogger,1,Boundary Conditions,1,Budaya,1,CAD,1,CAD and CAM,1,CAM,1,Compress to RAR,1,CSS,1,Dapat Uang Dari Blog,1,Deformations,1,DESAIN,1,Direct Interface,1,DNS,1,Drop down,1,Edit Html,1,EFFICIENCY,1,Ekonomi,1,Electronic,1,Engineer To Order,1,Flasdisk,2,flashdisk rusak,2,Flow Shop,1,format c6,1,google,1,Google adsense,1,google chrome,1,html,1,info umum,1,Integration,1,Islam,1,islam agamaku,1,Job Shop,1,Journal,1,kimia teknik,1,Komputer,2,Koneksi,1,Kuliah,3,linux,3,linux ubuntu,1,Loading,1,LOST WORK,1,makalah,2,makalah elemen mesin 1,1,makalah paku keling,1,makalah rivet,1,Make To Order,1,Make To Stock,1,Mathematical,1,MEASURE,1,Menurut,1,Milling,1,MOBIL MINI TRUK ESEMKA,1,Namebench,1,nokia,9,operating system,1,papers polygamy,1,paypal,1,Pembakaran,1,pembakaran zat cair,1,pembakaran zat padat,1,pembebanan eksentrik,1,pembebanan tangensial,1,PEMBINAAN,1,pencegahan virus,1,Pendidikan Kewarganegaraan,1,perbaikan flashdisk,1,perspektif Islam,1,Physics,1,poligami,2,polygamy view of moslem,1,poros,1,poros engkol,1,poros mesin,1,proses pembakaran,1,REVERSE ENGINEERING,1,S60v3,8,s60v5,8,sambungan paku keling,1,Scania R800,1,Scania Truck,1,Scroll,1,Server,1,Software,1,Sosial,1,Speedy,1,sudo apt-get namebnch,1,Symbian,4,symbian s60v5,1,teknik mesin,1,Theoretical,1,THERMODYNAMIC,1,transimisi otomatis mobil,1,Tugas,1,tutorial,3,Ubuntu,4,ubuntu 12.04,1,ubuntu 12.10,1,virus,1,web and blog,2,windows,1,Xml,2,
ltr
item
Nd4s4ch Zee Blog: Poros | Makalah | Elemen Mesin I
Poros | Makalah | Elemen Mesin I
http://2.bp.blogspot.com/-YOWOhbzXTKE/TwCR6ZO1tbI/AAAAAAAAAGk/6IgppCblFg4/s320/poros+kereta+api.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-YOWOhbzXTKE/TwCR6ZO1tbI/AAAAAAAAAGk/6IgppCblFg4/s72-c/poros+kereta+api.jpg
Nd4s4ch Zee Blog
http://nd4s4ch.blogspot.com/2012/01/poros-elemen-mesin-i.html
http://nd4s4ch.blogspot.com/
http://nd4s4ch.blogspot.com/
http://nd4s4ch.blogspot.com/2012/01/poros-elemen-mesin-i.html
true
3529757535152492167
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy