Sebuah Transmisi Sangat Sederhana –> Untuk memahami ide dasar di balik transmisi standar, diagram di bawah ini menunjukkan kecepatan...
Sebuah Transmisi Sangat Sederhana
Sekarang, mari kita lihat apa yang terjadi ketika Anda pindah ke gigi satu.
Pertama Aksesoris
–> Untuk memahami ide dasar di balik transmisi standar, diagram di bawah ini menunjukkan kecepatan transmisi ini sangat sederhana :
–> Batang hijau berasal dari mesin melalui kopling. Batang hijau dan hijau gear
terhubung sebagai satu kesatuan. (Kopling adalah perangkat yang
memungkinkan Anda menghubungkan dan melepaskan mesin dan transmisi
Ketika Anda mendorong di pedal kopling, mesin dan transmisi terputus
sehingga mesin dapat berjalan bahkan jika mobil masih berdiri.. Bila
Anda melepas pedal kopling, mesin dan poros hijau secara langsung
terhubung satu sama lain. Poros hijau dan putar roda gigi pada rpm yang sama dengan mesin.)
–> Batang merah dan roda gigi yang disebut layshaft. Ini juga
dihubungkan sebagai sebuah kesatuan, sehingga seluruh roda gigi pada
layshaft dan spin layshaft sendiri sebagai satu unit. Batang hijau dan
batang merah secara langsung dihubungkan melalui roda gigi menyatu
sehingga jika poros hijau berputar, begitu juga batang merah. Dengan
cara ini, layshaft menerima kekuasaan langsung dari mesin ketika kopling
bergerak.

–> Poros kuning adalah poros splined yang menghubungkan langsung
ke poros drive melalui diferensial ke roda drive dari mobil. Jika roda
yang berputar, batang kuning berputar.
–> Gigi biru naik pada bantalan, sehingga mereka berputar pada
poros kuning. Jika mesin dimatikan tapi mobil meluncur, batang kuning
bisa berubah di dalam roda gigi biru sementara gigi biru dan layshaft
adalah bergerak.
–> Tujuan kerah tersebut adalah untuk menghubungkan salah satu dari
dua roda gigi biru ke poros gardan kuning. Collar terhubung, melalui
splines, langsung ke poros kuning dan berputar dengan poros kuning.
Namun, kerah dapat geser kiri atau kanan sepanjang poros kuning untuk
melibatkan salah satu dari roda gigi biru. Gigi pada leher, yang disebut
gigi anjing, masuk ke dalam lubang pada sisi roda gigi biru untuk
melibatkan mereka.
Sekarang, mari kita lihat apa yang terjadi ketika Anda pindah ke gigi satu.
Pertama Aksesoris

–> Gambar di samping menunjukkan bagaimana, kapan bergeser ke gigi pertama, kerah melibatkan gigi biru di sebelah kanan.
Dalam gambar ini, batang hijau dari mesin mengubah layshaft, yang
mengubah gigi biru di sebelah kanan. gigi ini memancarkan energi melalui
kerah untuk mengusir poros kardan kuning. Sementara itu, gigi biru di
sebelah kiri sudah berubah, tetapi freewheeling pada kaitannya sehingga
tidak berpengaruh pada poros kuning.
–> Ketika kerah berada di antara dua roda gigi (seperti yang
ditunjukkan pada gambar pertama), transmisi berada dalam netral. Kedua
roda gigi freewheel biru pada batang kuning pada tingkat yang berbeda
dikontrol oleh rasio mereka untuk layshaft tersebut.

–> Ketika Anda membuat kesalahan sementara bergeser dan mendengar
suara grinding mengerikan, Anda tidak mendengar suara gigi gigi meshing
salah. Seperti yang dapat Anda lihat pada diagram ini, semua gigi gear
semua sepenuhnya dihubungkan setiap saat. Penggerindaan adalah suara
gigi anjing berhasil mencoba untuk terlibat lubang-lubang di sisi sebuah
gigi biru.
–> Transmisi yang ditampilkan di sini tidak memiliki “synchros”, jadi
jika Anda menggunakan transmisi ini Anda harus kopling ganda itu.
Double-menggenggam umum terjadi pada mobil tua dan masih umum di
beberapa mobil balap modern. Dalam dua kali menggenggam, terlebih dahulu
Anda push pedal kopling dalam sekali untuk melepaskan mesin dari
transmisi. Ini mengambil tekanan dari gigi anjing sehingga Anda dapat
memindahkan kerah ke netral. Kemudian Anda melepaskan pedal kopling dan
putaran mesin untuk kecepatan “benar.” Kecepatan kanan adalah nilai rpm
dimana mesin harus berjalan di gigi berikutnya. Idenya adalah untuk mendapatkan gigi biru pada gigi depan
dan kerah berputar pada kecepatan yang sama sehingga gigi anjing dapat
terlibat. Lalu Anda menekan pedal kopling lagi dan mengunci kerah ke
gigi yang baru. Pada setiap perubahan gigi Anda harus menekan dan
melepas kopling dua kali, maka nama “double-mencengkeram.”

–> Anda juga dapat melihat bagaimana sebuah gerakan linier kecil di
kenop gir memungkinkan Anda untuk mengubah gigi. Tombol shift gigi
bergerak terhubung ke batang garpu. Garpu slide kerah pada poros kuning
untuk melakukan salah satu dari dua roda gigi.
–> Transmisi manual lima kecepatan cukup standar pada mobil. Ada tiga
garpu dikendalikan oleh tiga batang kecil yang bergerak dengan tuas
shift. Melihat batang pergeseran dari atas, mereka terlihat seperti ini
secara terbalik, gigi pertama dan kedua:
–> Perlu diketahui bahwa pergeseran tuas memiliki titik rotasi di
tengah. Ketika Anda menekan tombol maju untuk terlibat gigi satu, Anda
sebenarnya menarik batang dan garpu untuk gigi satu kembali.

–> Anda dapat melihat bahwa ketika Anda memindahkan shifter kiri
dan kanan Anda menarik garpu berbeda (dan kerah karena itu berbeda).
Kenop bergerak maju dan mundur bergerak kerah untuk melibatkan salah
satu roda gigi.
–> Reverse gear ditangani oleh gear pemalas kecil (ungu). Setiap
kali, gigi mundur biru pada diagram ini balik dalam arah berlawanan
dengan semua roda gigi biru lainnya. Oleh karena itu, tidak mungkin
untuk melemparkan transmisi mundur sementara mobil bergerak maju – gigi
anjing tidak akan terlibat. Namun, mereka akan membuat banyak suara!
–> Synchronizers transmisi manual di mobil penumpang modern
menggunakan synchronizers untuk menghilangkan kebutuhan untuk ganda
mencengkeram. Sebuah tujuan Synchro adalah untuk memungkinkan kerah dan
roda gigi untuk melakukan kontak gesekan gigi anjing sebelum melakukan
kontak. Hal ini memungkinkan kerah dan roda gigi sinkronisasi kecepatan
sebelum gigi harus terlibat, seperti ini
–> Kerucut di gigi biru cocok menjadi daerah berbentuk kerucut di
leher, dan gesekan antara kerucut dan sinkronisasi kerah kerah dan roda
gigi. Bagian luar dari kerah kemudian slide sehingga gigi anjing dapat
terlibat gigi.
Setiap produsen menerapkan transmisi dan synchros dengan cara yang berbeda, tapi ini adalah gambaran umum.
COMMENTS